Serba – serbi Proses KPR Rumah

Apakah Anda sudah bekerja masih muda kreatif, mempunyai penghasilan, mulailah untuk mempersiapkan kehidupan selanjutnya…….. dan mempunyai rencana beli rumah Baru/seken lewat KPR,ada beberapa yang perlu dipertimbangkan selain menyiapkan uang muka dari harga jual rumah.Yaitu biaya2 yang muncul untuk notaris & biaya KPR. Berdasarkan pengalaman, informasi ini akan sangat membantu Karena biaya yg tak terduga ini cukup membuat kaget & kelabakan karena tidak mengira jumlahnya sebanyak itu.Berikut rincian biaya/uang yg anda harus siapkan sebelum akad jual beli dengan penjual dan bank.

UANG MUKA

Bahwa untuk pembelian rumah seken dengan KPR, pihak bank hanya mengcover 70% dari harga rumah*. Sisanya 30% anda harus menyiapkan uang tersebut. Harga rumah ini bukan harga yg ditentukan oleh penjual, namun harga rumah ini adalah harga hasil survey dari tim appraisal.
Contoh :  jadi misal penjual memberi harga rumah pada anda 200juta, kemudian setelah berkas2 anda masukkan ke bank, pihak appraisal akan datang untuk mensurvey rumah yang akan anda beli. biasanya biaya appraisal ini diminta saat tim melakukan survey (250rb ~ 300rb).
hasil survey ini akan diberikan ke pihak bank, dan apabila hasil dari tim survey ini ternyata rumah tersebut berharga 150 juta, berarti plafon kredit yang diberikan oleh bank adalah sebesar 70% dari 150 juta = 105 juta. biasanya para pemohon kredit menyebutkan harga rumah lebih tinggi dari harga yang diberikan oleh penjual untuk pengisian form pengajuan KPR dengan harapan mendapatkan pembiayaan yang tinggi dari bank.
jadi uang muka yang harus anda siapkan adalah 200jt-105juta = 95 juta

BIAYA NOTARIS

1. Pajak Untuk jual beli sebuah rumah,sebenarnya nanti akan muncul pajak2 yg harus dibayarkan,ada pajak yg dibebankan bagi penjual & ada pajak yang dibebankan pada pembeli, tp biaya ini nantinya tergantung dari deal anda sama yang punya rumah, apakah nanti ditanggung sendiri2, ato semuanya ditanggung penjual atau bisa juga pembeli yang menanggung.Semuanya tergantung deal anda sama yang punya rumah.

Perhitungan pajak tersebut,dari pengalaman Saya dihitung berdasarkan dari PBB terahir dari rumah tersebut. Di PBB nanti ada dicantumkan objek pajak& objek bangunan.                                                                                                                      Jadi misal nya PBB rumah yg akan dibeli seperti ini :

Pajak penjual

= 5% x 67.944.000 = 3.397.200

Pajak pembeli

= 5% x {67.944.000 – (11.988.800 + 8.000.000)}

= 5% x {67.944.000 – 20.000.000 (pembulatan)}

= 5% x 47.944.000

= 2.397.200

2. Biaya balik nama, sertifikat dan akta jual beli

Biaya ini bisa berbeda-beda tiap notaris. Untuk biaya ini anda harus menyiapkan biaya sekitar 1 – 2 juta rupiah.

3. Biaya penghapusan Roya (kalau sertifikat pernah dijaminkan ke bank)

Untuk biaya ini juga bervariasi, anda harus pintar2 nego dengan notarisnya. Untuk penghapusan roya ini sediakan uang antara min 100ribu, dan max 1juta.

BIAYA KPR

biaya-biaya yang harus ditanggung konsumen untuk keperluan pencairan KPR sbb:

1. Biaya Provisi, 1% dari plafon kredit yang akan dicairkan

2. Biaya administrasi, umumnya sekitar 250rb-300rb

3. Biaya asuransi jiwa

Nominal biaya asuransi jiwa kredit tergantung dari umur Debitur KPR dan jangka waktu kredit yang diambil. Sebagai gambaran untuk KPR dengan jangka waktu 10-15 tahun untuk debitur dengan usia 30 tahun maka premi asuransi yang dibayarkan sekitar 1 s.d 1,5 % (AIG Life) dari nominal KPR yang dicairkan. Jadi misalkan untuk KPR senilai Rp.200 juta maka premi AJK besarnya +/- Rp.2 juta s.d Rp.3 juta.

4. Biaya asuransi kebakaran

Besarannya tergantung dari nilai bangunan yang akan dibeli dan jangka waktu perlindungan, umumnya berkisar pada angka 1% dari nilai bangunan.

5. Biaya apraisal, dibayarkan dimuka, digunakan untuk jasa appraisal/survey Rp. 250.000,-

6. Biaya pengecekan seripikat, dilakukan oleh notaris, biayanya +/-Rp.100.000

7. Biaya SKMHT, berkisar antara 100.000 ~ 500.000

8. Biaya APHT, umumnya berkisar antara Rp.1 juta – Rp. 2 juta (tergantung dari nominal pencairan KPR)

9. Biaya buka rekening (apabila mengambil KPR melalui bank),besarannya berbeda-beda untuk masing-masing bank

10. Angsuran Mengendap sebesar 1 X angsuran perbulan yang sudah ditentukn oleh pihak bank

pengalaman saya mengajukan ke B** syariah,
proses dari pengajuan berkas s/d hasil survey masuk ke pihak bank +- 3 hari
proses persetujuan KPR (dimusyawarah kan oleh tim/komite) sampai keluar persetujuannya max 10 hari. jadi jika smua berkas2 telah lengkap dalam waktu 2 minggu anda bisa melakukan akad jual beli dengan penjual dihadapan notaris dan pihak bank.

nominal yang di cetak warna merah adalah jumlah uang yang harus anda siapkan. untuk harga yang menggunakan kisaran karena itu berbeda tiap2 bank dan juga tiap2 notaris, jadi untuk aman nya gunakan estimasi tertinggi dari kisaran harga diatas.

Sebenernya rumah baru pun sama kyk gini itungannya, hanya saja biasanya semua biaya tersebut dah dibebankan oleh developer ke kita, jadi kita tahunya cuma bayar uang muka, PPN,BPHTB dll.

semoga pengalaman ini bisa berguna buat anda  semua untuk mempersiapkan pengajuan KPR, dan juga biar tidak kaget nantinya karena biaya2 notaris dan biaya KPR cukup besar.

14 Responses to “Serba – serbi Proses KPR Rumah”

  1. Pengalaman ini tentunya sangat berguna sekali, khususnya bagi saya yg masih sangat awam. Semoga ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi saya yang sangat mendambakan memiliki rumah yang refresentatif ditempat strategis.

  2. inilah keindahan kalo kita saling berbagi, mungkin sebagian dari kita belum pernah mengalami sesuatu proses tapi mungkin yang lain sudah pernah mengalami, lebih baik kita berbagi, sapa tau itu bisa bermanfaat untuk yang lain.

  3. Pengasuh Yth,
    Sehubungan rencana saya untu membeli rumah via KPR, saya ingin menanyakan berapa biaya notaries yang umum dikenakan untuk:
    1. Akta Jual Beli
    2. Balik Nama Sertifikat
    3. ganti buku sertifikat.

  4. @Mas Irfan,
    untuk
    1. akta jual beli bervariasi antara notaris satu dengan yang laen, ada yang
    Rp. 1.500.000 ada 1.300.000, di bajetin aja 1 – 2 jutaan.
    2. untuk balik nama juga relatif. ada juga yang komulatif akta jual beli dan
    balik nama 1-2 jutaan.
    3. yang ganti buku sertivikat saya belum bisa jawab, belum pernah memproses ganti buku.

    semoga sedikit info ini bisa berguna untuk kawan2 yang mau mengajukan kredit rumah via KPR

  5. Coba bantu jawab, pertanyaan dari mas irfan, bebarapa bulan lalu ane juga ambil KRP via Bank BTN di Bekasi. ane ambil rumah dgn type 36 LT;91m2. dgn biaya cash sebesar 160jt, trs ane mngajukan proses KPR di bank btn dng lama kpr 15tahun dng rincian sbb:

    1. Lama KPR 15 tahun dgn iuran perbulan 1.936.000 (flat)
    2. biaya Notaris skitar 2,2jt tuk wilayah kabupaten bekasi
    3. Pajak Penjual dan Pembeli diambil dari NJOP rumah yg akan diKPRkan.
    4. biaya balik nama sertifikat skitar 4,5jt.
    5. biaya bank skitar 8jtan sdh termasuk angsuran ke I rumah.

    Total ane mengeluarkan biaya tuk proses KPR, notaris sampai jadi balik nama sertifikat atas nama ane sendiri skitar 18jtan tuk wilayah kabupaten bekasi.

    seian smoga membantu buat mas irfan…

  6. wah banyak juga yah biayanya

  7. membantu sekali keterangan2 nya trimaksih sobat2 semua

  8. mau tnya, kalau biaya proses KPR usia 23th brp ya kira2. Hrg rmh 189jt lma kpr 15th

  9. Saya ingin menayakan tentang KPR, kebetulan saya sedang mengajuakan proses kredit KPR Qira2 butuh berapa lama proses pengajuan kredit sampe terima kunci
    Thnx

  10. Pak saya mau nanya brp biaya kpr type36/102 harga 95 juta dp19juta.tx

  11. Ya, informasi yang sangat bermanfaat, tetapi bagaimana nanti nasibnya KPR BTN setelah bank BTN akan diakuisisi oleh bank Mandiri dalam waktu dekat ini

  12. ternyata banyak juga yah biayanya… :-s

  13. kalau bank jatim apa sd bank yg anda sebutkan ya? waduh sdh Dp tambah pajak2 lain di tanggung pembeli ya?

  14. di akuisis itu apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: